TRAFFIC SIGNAL
Lampu lalu lintas (menurut UU no. 22/2009 tentang Lalu lintas dan Angkutan Jalan: alat pemberi isyarat lalu lintas atau APILL) adalah lampu yang mengendalikan arus lalu lintas yang terpasang di persimpangan jalan, tempat penyeberangan pejalan kaki (zebra cross), dan tempat arus lalu lintas lainnya. Lampu ini yang menandakan kapan kendaraan harus berjalan dan berhenti secara bergantian dari berbagai arah. Pengaturan lalu lintas di persimpangan jalan dimaksudkan untuk mengatur pergerakan kendaraan pada masing-masing kelompok pergerakan kendaraan agar dapat bergerak secara bergantian sehingga tidak saling mengganggu antar-arus yang ada.
Lampu lalu lintas telah diadopsi di hampir semua kota di dunia ini. Lampu ini menggunakan warna yang diakui secara universal; untuk menandakan berhenti adalah warna merah, hati-hati yang ditandai dengan warna kuning, dan hijau yang berarti dapat berjalan.
Berdasarkan cakupannya[sunting | sunting sumber]
- Lampu lalu lintas terpisah — pengoperasian lampu lalu lintas yang pemasangannya didasarkan pada suatu tempat persimpangan saja tanpa mempertimbangkan persimpangan lain.
- Lampu lalu lintas terkoordinasi — pengoperasian lampu lalu lintas yang pemasangannya mempertimbangakan beberapa persimpangan yang terdapat pada arah tertentu.
- Lampu lalu lintas jaringan — pengoperasian lampu lalu lintas yang pemasangannya mempertimbangkan beberapa persimpangan yang terdapat dalam suatu jaringan yang masih dalam satu kawasan.
Berdasarkan cara pengoperasiannya[sunting | sunting sumber]
- Fixed time traffic signal — lampu lalu lintas yang pengoperasiaannya menggunakan waktu yang tepat dan tidak mengalami perubahan.
- Actuated traffic signal — lampu lalu lintas yang pengoperasiaannya dengan pengaturan waktu tertentu dan mengalami perubahan dari waktu ke waktu sesuai dengan kedatangan kendaraan dari berbagai persimpangan.
Tujuan adanya lampu lalu lintas[sunting | sunting sumber]
- Menghindari hambatan karena adanya perbedaan arus jalan bagi pergerakan kendaraan.
- Memfasilitasi persimpangan antara jalan utama untuk kendaraan dan pejalan kaki dengan jalan sekunder sehingga kelancaran arus lalu lintas dapat terjamin.
- Mengurangi tingkat kecelakaan yang diakibatkan oleh tabrakan karena perbedaan arus jalan.
Variasi lampu lalu lintas[sunting | sunting sumber]
Lampu lalu lintas memiliki banyak variasi, tergantung dari budaya negara yang menggunakannya dan kebutuhan khusus di perempatan tertentu. Contoh variasinya adalah lampu lalu lintas khusus pejalan kaki, lampu lalu lintas untuk pengguna sepeda, bus, kereta, dan lain-lain. Urutan lampu yang terpasang juga dapat berbeda-beda. Selain itu, ada banyak aturan dalam pengaturan lampu lalu lintas. Semua variasi lampu lalu lintas ini bisa saja dioperasikan bersamaan pada perempatan yang kompleks. Misalnya saja pada perempatan yang kompleks yang ramai dilewati para pejalan kaki dan kendaraan roda empat. Di sisi lain, jika lampu pejalan kaki berwarna hijau menyala, maka mobil harus berhenti, karena secara otomatis lampu lalu lintas untuk kendaraan akan berwarna merah jika lampu pejalan kaki berwarna hijau.
Perkembangan lampu lalu lintas[sunting | sunting sumber]
- Pada 10 Desember 1868, lampu lalu lintas pertama dipasang di bagian luar Gedung Parlemen di Inggris oleh sarjana lalu lintas, J.P Knight. Lampu ini menyerupai penunjuk waktu (jam) dengan bentuk seperti semapur dan lampu merah dan hijau untuk malam hari. Lampu-lampu tersebut berasal dari tenaga gas.
- Pada 2 Januari 1869, tiba-tiba lampu tersebut meledak dan melukai seorang polisi sehingga harus dioperasi.
- Pada awal 1912 Lampu lalu lintas modern ditemukan di Amerika Serikat. Di Salt Lake City, seorang polisi, Utah, menemukan lampu lintas pertama yang dijalankan dengan tenaga listrik.
- Pada 5 Agustus 1914, American Traffic Signal Company memasang sistem lampu sinyal di dua sudut jalan di Ohio. Lampu sinyal ini terdiri dari dua warna, merah dan hijau, dan sebuah bel listrik. Lampu ini di desain oleh James Hoge. Keberadaan bel di sini untuk memberi peringatan jika adanya perubahan nyala lampu. Lampu rancangan Hoge ini dapat dikontrol oleh polisi dan pemadam kebakaran jika ada dalam keadaan darurat.
- Pada awal tahun 1920, lampu lalu lintas dengan tiga warna pertama dibuat oleh seorang petugas polisi, William Potts, di Detroit, Michigan.
- Pada tahun 1923, Garrett Morgan mematenkan alat sinyal lampu lalu lintas.
- Tahun 1917, lampu lalu lintas pertama dijalankan saling berhubungan satu dengan yang lain. Interkoneksi antarlampu ini dijalankan pada enam persimpangan yang dikontrol secara bersamaan dengan tombol manual.
- Lampu lalu lintas pertama yang dioperasikan secara otomatis diperkenalkan pada Maret 1922 di Houston, Texas.
- Di Inggris, lampu lalu litas pertama dioperasikan di Wolverhampton pada tahun 1927.
Warna lampu lalu lintas[sunting | sunting sumber]
Warna yang paling umum digunakan untuk lampu lalu lintas adalah merah, kuning, dan hijau. Merah menandakan berhenti atau sebuah tanda bahaya, kuning menandakan hati-hati, dan hijau menandakan boleh memulai berjalan dengan hati-hati. Biasanya, lampu warna merah mengandung beberapa corak berwarna jingga, dan lampu hijau mengandung beberapa warna biru. Ini dimaksudkan agar orang-orang yang buta warna merah dan hijau dapat mengerti sinyal lampu yang menyala. Di Amerika Serikat, lampu lalu lintas memiliki pinggiran berwarna putih yang dapat menyala dalam kegelapan. Ini bertujuan agar orang yang mengidap buta warna dapat membedakan mana lampu kendaraan dan yang mana lampu lalu lintas dengan posisinya yang vertikal.
Sistem lampu lalu lintas[sunting | sunting sumber]
Sistem pengendalian lampu lalu lintas dikatakan baik jika lampu-lampu lalu lintas yang terpasang dapat berjalan baik secara otomatis dan dapat menyesuaikan diri dengan kepadatan lalu lintas pada tiap-tiap jalur. Sistem ini disebut sebagai actuated controller. Namun, para akademisi Indonesia telah menemukan sistem baru untuk menjalankan lampu lalu lintas. Sistem ini dikenal sebagai Logika fuzzy. Metode logika fuzzy digunakan untuk menentukan lamanya waktu lampu lalu lintas menyala sesuai dengan volume kendaraan yang sedang mengantre pada sebuah persimpangan. Hasil pengujian sistem logika fuzzy ini menunjukkan bahwa sistem lampu dengan logika ini dapat menurunkan keterlambatan kendaraan sebesar 48,44% dan panjang antrean kendaraan sebesar 56,24%; jika dibandingkan dengan sistem lampu konvensional. Lampu lalu lintas pada umumnya dioperasikan dengan menggunakan tenaga listrik. Namun, saat ini sudah perkembangan teknologi lampu lalu lintas dengan tenaga matahari.
Jenis dan penempatan warna [ sunting ]
Sinyal lalu lintas vertikal tipikal memiliki tiga aspek, atau lampu, menghadap lalu lintas yang mendekat, merah di atas, kuning di bawah, dan hijau di bawahnya. Umumnya satu aspek menyala pada satu waktu. Dalam beberapa kasus, aspek keempat, misalnya panah belokan, berada di bawah tiga lampu atau aspek di persimpangan lalu lintas jalan yang lebih rumit.
Aspek tunggal [ sunting ]
Lampu lalu lintas yang paling sederhana terdiri dari satu atau dua aspek berwarna yang memperingatkan pengguna mana pun tentang hak bersama atas kemungkinan konflik atau bahaya.
- Berkedip merah: diperlakukan sebagai tanda berhenti . Ini juga bisa memberi sinyal jalan ditutup. Di Prancis dan Inggris Raya, mandat merah menyala berhenti mutlak, di persimpangan jalur kereta api, jalur bandara, jembatan ayun, atau stasiun pemadam kebakaran.
- Berkedip kuning: kehati-hatian, persimpangan atau bahaya jalan di depan.
- Berkedip hijau: bervariasi di antara yurisdiksi. Lampu hijau berkedip dapat memberikan izin untuk lurus dan belok kiri di depan lalu lintas yang berlawanan (yang dihentikan oleh lampu merah stabil), dapat menunjukkan akhir siklus hijau sebelum lampu berubah menjadi kuning pekat, atau ( seperti di British Columbia, Kanada, atau Mexico City, Meksiko) menunjukkan persimpangan adalah penyeberangan pejalan kaki.
Aspek ganda [ sunting ]
Ini memiliki dua lampu, biasanya dipasang secara vertikal. Mereka sering terlihat di perlintasan kereta api, stasiun pemadam kebakaran, dan persimpangan jalan. Mereka berkedip kuning atau putih ketika lintas lalu lintas tidak diharapkan, dan berubah menjadi merah untuk menghentikan lalu lintas ketika lintas lalu lintas terjadi (misalnya, pemadam kebakaran akan keluar dari stasiun). Mereka juga kadang-kadang digunakan untuk ramp metering , di mana pengendara memasuki jalan raya akses terkendali selama lalu lintas yang padat. Biasanya, hanya satu kendaraan di jalan hasil ketika sinyal menunjukkan hijau. Dalam beberapa kasus, dua atau tiga per hijau diizinkan.
Tiga atau lebih aspek & posisi aspek [ edit ]
Sinyal lalu lintas standar adalah lampu merah di atas hijau, dengan kuning di antaranya.
Ketika sinyal lalu lintas dengan tiga aspek diatur secara horizontal atau menyamping, pengaturannya tergantung pada aturan jalan . Di negara jalur kanan, urutan (dari kiri ke kanan) adalah merah-kuning-hijau. Di negara-negara jalur kiri, urutannya hijau-kuning-merah.
Sinyal lain kadang-kadang ditambahkan untuk kontrol lebih, seperti untuk transportasi umum dan belokan kanan atau kiri hanya diperbolehkan ketika panah hijau menyala atau secara khusus dilarang jika panah merah menyala.
Siklus sinyal lalu lintas [ edit ]
Secara umum, setidaknya satu arah lalu lintas di persimpangan memiliki lampu hijau (aspek hijau) setiap saat dalam siklus. Dalam beberapa yurisdiksi, untuk waktu yang singkat, semua sinyal di persimpangan menunjukkan warna merah pada saat yang sama, untuk menghapus lalu lintas di persimpangan. Penundaan dapat bergantung pada lalu lintas, kondisi jalan, tata letak fisik persimpangan, dan persyaratan hukum. Dengan demikian sinyal modern dibangun untuk memungkinkan "semua merah" di persimpangan, bahkan jika fitur tersebut tidak digunakan.
Beberapa sinyal tidak memiliki fase "semua merah": lampu berubah hijau untuk lalu lintas silang seketika lampu lainnya berubah merah. [catatan 1]
Varian lain di beberapa lokasi adalah perebutan pejalan kaki , di mana semua lampu lalu lintas untuk kendaraan menjadi merah, dan pejalan kaki diizinkan untuk berjalan bebas, bahkan secara diagonal, melintasi persimpangan.
Variasi [ sunting ]
Di provinsi Quebec, Kanada, dan provinsi Maritim, lampu sering diatur secara horizontal, tetapi setiap aspek memiliki bentuk yang berbeda: merah adalah bujur sangkar (lebih besar dari lingkaran normal) dan biasanya berpasangan di kedua ujung fixture, kuning adalah berlian, dan hijau adalah lingkaran. Di banyak negara bagian selatan dan barat daya AS, sebagian besar sinyal lalu lintas sama-sama horisontal untuk mengurangi hambatan angin selama badai dan angin topan. [41] Provinsi Alberta dan Wilayah Yukon Kanada juga menggunakan pengaturan horizontal ini.
Sinyal lalu lintas Jepang sebagian besar mengikuti aturan yang sama kecuali bahwa sinyal "pergi" disebut sebagai 青 ( biru ), yang menurut sejarah sebenarnya, tetapi ini menyebabkan komplikasi dengan aturan "hijau untuk go" internasional, jadi [42] dalam 1973 sebuah dekrit dikeluarkan bahwa lampu "go" harus diubah ke rona hijau seminimal mungkin, sehingga secara faktual membuatnya lebih hijau tanpa harus mengubah nama dari 青 (biru) menjadi 緑 (hijau).
Di Inggris, dan sebagian besar Eropa, lampu lalu lintas normal mengikuti urutan ini: [43]
- Red-stop
- Merah dan kuning - berhenti, tetapi bersiap untuk melanjutkan
- Hijau - lanjutkan dengan hati-hati, tetapi hanya jika jalannya jelas
- Kuning - berhenti kecuali tidak aman untuk melakukannya
Penggunaan sinyal lalu lintas di saluran air, di jalur kereta api untuk lalu lintas kereta api [ edit ]
Standar tiga aspek juga digunakan pada kunci di Sungai Mississippi Atas . Merah berarti kapal lain sedang lewat. Kuning berarti ruang kunci dikosongkan atau diisi agar sesuai dengan tingkat kapal yang mendekat. Setelah gerbang terbuka, hijau berarti bahwa kapal dapat masuk.
Sinyal kereta api, untuk menghentikan kereta api di jalannya sendiri, menggunakan posisi warna yang berlawanan; kedua jenis ini tidak dapat dikacaukan. [ rujukan? ] Yaitu, hijau di atas dan merah di bawah adalah penempatan standar warna sinyal pada jalur kereta api.
Lampu penyeberangan pejalan kaki dan pesepeda
Australia dan Selandia Baru [ sunting ]
Di Australia dan Selandia Baru, urutan cahaya adalah:
- Pria hijau: aman untuk menyeberang persimpangan
- Pria merah berkedip: terus menyeberang jika sudah di persimpangan, tetapi jangan mulai menyeberang
- Red man: jangan menyeberang
Beberapa lampu lalu lintas di ibu kota (mis. Sydney , Melbourne , Brisbane , dan Adelaide ) memiliki penghitung waktu mundur untuk lampu penyeberangan pejalan kaki, biasanya hitungan mundur dari 30 ketika lelaki berkedip merah muncul. Penghitung waktu mundur telah dipasang pada beberapa lampu penyeberangan pejalan kaki di Auckland dan Christchurch yang menghitung mundur dari 15 detik.
Beberapa persimpangan yang dikendalikan lampu lalu lintas memiliki urutan cahaya yang menghentikan semua lalu lintas kendaraan di persimpangan pada saat yang sama, dan memberikan akses eksklusif bagi pejalan kaki ke persimpangan sehingga mereka dapat menyeberang ke segala arah (termasuk secara diagonal). Ini secara mencolok ditampilkan di CBD Sydney di luar Town Hall, dan lokasi-lokasi pejalan kaki lainnya, seperti di Redfern dekat Universitas Sydney. Ini dikenal sebagai perebutan pejalan kaki atau Barnes Dance di beberapa tempat. Di Selandia Baru penyeberangan pejalan kaki seperti itu dapat ditemukan di kawasan pusat bisnis (CBD) Auckland , Wellington , Christchurch dan Dunedin .
Tari Barnes dinamai setelah insinyur lalu lintas Amerika, Henry A. Barnes. Barnes tidak mengklaim telah menemukan sistem itu, tetapi dia adalah pendukung kuat sistem itu, setelah mengamati kesulitan yang dihadapi putrinya menyeberang jalan untuk sampai ke sekolah. [44]
Beberapa persimpangan di Wellington, Selandia Baru, memiliki figur manusia hijau alternatif. Delapan persimpangan di dekat Gedung Parlemen memiliki siluet suffragette Kate Sheppard , [45] sementara empat persimpangan di sepanjang Cuba Street memiliki siluet pemain seret dan aktivis hak LGBT Carmen Rupe . [46]
Asia [ sunting ]
Urutan cahaya Cina adalah:
- Hijau: aman untuk dilintasi.
- Merah: jangan menyeberang.
- Kuning (padat, setelah hijau, sebelum merah): terus menyilang hanya jika tidak dapat berhenti dengan aman.
- Kuning berkedip: silang dengan hati-hati (sering digunakan di persimpangan lalu lintas rendah atau setelah tengah malam).
Urutan cahaya Jepang adalah:
- Biru: aman untuk dilintasi
- Kuning: silang hanya jika aman
- Merah: jangan menyeberang
Untuk informasi lebih lanjut tentang situasi di Jepang, silakan lihat 日本 の 音響 装置 付 信号 機 (dalam bahasa Jepang) .
Eropa [ sunting ]
Pendekatan Eropa untuk persimpangan bersinyal adalah menggunakan dua atau lebih jarang, aspek tiga kali lipat [47] dengan lensa yang dihitamkan dari pejalan kaki piktogram . Untuk pengendara sepeda, pendekatan yang sama digunakan, dengan lensa menghitam untuk frame sepeda. Sudah lazim untuk melihat lensa dengan kedua simbol pada mereka. Sebagian besar negara Eropa menggunakan oranye alih-alih kuning untuk lampu tengah.
Urutan cahaya adalah:
- Hijau: aman untuk dilintasi.
- Kuning atau oranye: terus menyeberang hanya jika tidak dapat berhenti dengan aman.
- Berkedip kuning atau oranye: silang dengan hati-hati (sering digunakan ketika lampu rusak atau mati).
- Merah: jangan menyeberang.
Di Jerman, Republik Ceko, dan beberapa negara Eropa Tengah lainnya, kombinasi lampu merah dan oranye menyala tepat sebelum fase hijau. Urutan cahaya adalah sebagai berikut: [ rujukan? ]
- Hijau: aman untuk dilintasi.
- Oranye: terus menyeberang hanya jika tidak dapat berhenti dengan aman.
- Jingga berkedip: tanda silang dengan hati-hati, patuhi papan petunjuk (digunakan saat lampu rusak atau mati).
- Merah: jangan menyeberang.
- Merah dan oranye: jangan menyeberang, persiapkan hijau.
Lampu dihitamkan dengan piktogram pejalan kaki.
Sinyal lalu lintas pejalan kaki Ampelmännchen telah dilihat sebagai tanda nostalgia bagi bekas Republik Demokratik Jerman .
Di Britania Raya, Irlandia, dependensi British Crown dan wilayah dependen, dan harta benda sebelumnya seperti Hong Kong, dua atau lebih dari sinyal berikut ini ditampilkan kepada pejalan kaki -
- Gambar diam orang berjalan hijau: menyeberang jalan
- Orang berjalan hijau berkedip: terus menyeberang jika sudah di persimpangan tetapi jangan mulai menyeberang. Beberapa sinyal menggunakan tampilan hitung mundur angka kuning, alih-alih orang hijau yang berkedip, menunjukkan kepada pejalan kaki waktu yang tersisa untuk menyeberang jalan. [48]
- Pria berdiri merah: jangan menyeberang / jangan mulai menyeberang
Di Britania Raya tidak ada pelanggaran langsung yang dilakukan jika pejalan kaki gagal mematuhi sinyal persimpangan dan banyak lampu biasanya hanya menggunakan dua gambar diam - seorang pejalan kaki hijau dan seorang lelaki berdiri merah, ini menjadi kasus umum di mana persimpangan berada di jalan persimpangan dan sinyal pejalan kaki dikombinasikan dengan yang mengendalikan lalu lintas kendaraan. Lampu berkedip kuning dan gambar di penyeberangan pejalan kaki digunakan di mana lampu lalu lintas kendaraan melakukan fungsi tunggal untuk menghentikan lalu lintas jalan untuk memungkinkan pejalan kaki menyeberang jalan.
Amerika Utara [ sunting ]
Di Amerika Serikat, aspek yang paling umum adalah tulisan 'berjalan' atau 'jangan jalan.' Di Kanada, orang kulit putih hampir selalu digunakan. Semakin untuk retrofits dari aspek ganda dan instalasi yang lebih baru, aspek yang lebih rendah yang sebelumnya digunakan untuk sinyal "berjalan" (orang yang berjalan) diganti dengan penghitung waktu mundur. Piktogram tangan yang terangkat pertama kali muncul di kota Westmount, Montreal, dan ditemukan oleh Alexander Heron, setelah mengamati tangan seorang polisi yang bersarung tangan mengendalikan persimpangan. [ rujukan? ]
Urutan cahaya adalah:
- Hijau, biru, atau putih orang berjalan atau "berjalan": menyeberang dengan hati-hati (pejalan kaki memiliki hak jalan; pengendara berbelok ke kiri atau kanan harus menyerah kepada pejalan kaki).
- Tangan berhenti berkedip merah atau oranye atau "jangan berjalan": jangan mulai menyeberang, tetapi teruskan jika sudah di tengah persimpangan.
- Tangan berhenti merah atau oranye atau "jangan berjalan": jangan memasuki persimpangan.
Negara bagian Massachusetts AS memungkinkan variasi indikasi yang tidak biasa untuk pergerakan pejalan kaki. Pada persimpangan yang ditandai tanpa kepala sinyal pejalan kaki yang terpisah, sinyal lalu lintas dapat diprogram untuk berubah menjadi merah di semua arah, diikuti oleh tampilan stabil lampu kuning secara bersamaan dengan indikasi merah. Selama indikasi merah-plus-kuning ini, persimpangan tertutup untuk lalu lintas kendaraan dan pejalan kaki dapat menyeberang, biasanya ke arah mana pun yang mereka pilih (ini dikenal sebagai " tarian Barnes "). [ rujukan? ]
Sinyal pendengaran dan sentuhan untuk orang-orang cacat [ edit ]
Di beberapa wilayah hukum seperti lampu pejalan kaki Australia, Selandia Baru, dan Irlandia dikaitkan dengan perangkat suara, untuk kepentingan pejalan kaki yang buta dan tunanetra. Ini menghasilkan bunyi bip lambat saat lampu pejalan kaki berwarna merah dan bunyi dengung terus menerus saat lampu menyala hijau. Di Negara Bagian Queensland , Australia , New South Wales , Victoria , dan Australia Barat , suara diproduksi di unit yang sama dengan tombol push. Sistem teknologi bantuan ini juga banyak digunakan di persimpangan sibuk di kota-kota Kanada.
Di Inggris Raya, persimpangan Puffin dan pendahulunya, persimpangan Pelican , akan mengeluarkan bunyi bip cepat untuk menunjukkan bahwa aman untuk menyeberang jalan. Bunyi bip dinonaktifkan pada malam hari agar tidak mengganggu penghuni terdekat. [49]
Di beberapa negara bagian di Amerika Serikat, di persimpangan yang sibuk, tombol akan mengeluarkan bunyi bip untuk orang buta. Ketika lampu berubah, speaker yang terpasang di tombol akan memutar rekaman untuk memberi tahu orang buta bahwa itu aman untuk dilintasi. Ketika sinyal berkedip merah, perekaman akan mulai menghitung mundur dengan penghitung waktu mundur.
Di beberapa negara seperti Selandia Baru, teknologi juga memungkinkan orang tuli dan buta merasakan ketika lampu berubah untuk memungkinkan penyeberangan yang aman. Pad kecil, ditempatkan di dalam lekukan di dasar kotak yang menaungi mekanisme tombol, bergerak ke bawah ketika lampu berubah untuk memungkinkan persimpangan. Ini dirancang untuk dirasakan oleh siapa pun yang menunggu untuk menyeberang yang memiliki kemampuan terbatas untuk mendeteksi penglihatan atau suara.
Lampu untuk transportasi umum [ sunting ]
Lampu lalu lintas untuk transportasi umum sering menggunakan sinyal yang berbeda dari yang untuk lalu lintas pribadi. Itu bisa berupa huruf, panah atau batang cahaya putih atau berwarna.
Di Portland, Oregon , sinyal trem menampilkan bilah horizontal oranye dan bilah vertikal putih. [ rujukan? ] Beberapa sistem menggunakan huruf B untuk bus, dan T untuk trem.
Di beberapa negara Eropa dan Rusia , sinyal lalu lintas khusus untuk transportasi umum (trem, dan juga semua yang menggunakan jalur khusus ) memiliki empat lampu putih yang membentuk huruf T. [ rujukan? ] Jika tiga lampu atas menyala, ini berarti "berhenti". Jika lampu bawah dan beberapa lampu di baris atas menyala, ini berarti izin untuk pergi ke arah yang ditunjukkan. Dalam hal sinyal trem, jika tidak ada persimpangan trem atau belokan pada persimpangan, sistem yang lebih sederhana dari satu sinyal kuning dalam bentuk huruf T digunakan sebagai gantinya; trem harus dilanjutkan hanya ketika sinyal menyala.
Di negara-negara Eropa Utara, sinyal trem menampilkan lampu-lampu putih dalam berbagai bentuk: "S" untuk "stop", "-" untuk "awas" dan panah untuk memungkinkan lintasan ke arah tertentu. [50]
The Netherlands menggunakan khas "negenoog" desain (sembilan bermata) ditampilkan pada baris atas dari diagram; [51] sinyal baris bawah digunakan di Belgia , Luksemburg, Prancis, Jerman, dan untuk trem di Belanda. Sinyal berarti (dari kiri ke kanan): "jalan lurus ke depan", "ke kiri", "ke kanan", "pergi ke segala arah" (seperti "hijau" dari lampu lalu lintas normal), "berhenti, kecuali diperlukan rem darurat "(sama dengan" kuning "), dan" berhenti "(sama dengan" merah ").
The METRO sistem kereta ringan di Minneapolis, Minnesota , yang Lembah Metro Rail di Phoenix, Arizona , dan RTA Streetcar Sistem di New Orleans menggunakan varian disederhanakan dari sistem / Perancis Belgia di kawasan pusat bisnis masing-masing kota di mana hanya "pergi" dan konfigurasi "stop" digunakan. Sinyal ketiga sama dengan kuning dicapai dengan mem-flash sinyal "go".
Di Jepang, sinyal trem berada di bawah sinyal kendaraan biasa; namun, warna sinyal yang dimaksudkan untuk trem adalah oranye.
Di Pulau Hong Kong, Hong Kong, sinyal T-kuning digunakan untuk trem, sebagai pengganti sinyal hijau. Selain itu, di persimpangan trem mana pun, set sinyal lain tersedia untuk menunjukkan arah trek.
Di Australia dan Selandia Baru, "B" atau "T" putih kadang-kadang menggantikan lampu hijau yang menunjukkan bahwa bus atau trem (masing-masing) memiliki hak jalan.
Preemption dan prioritas [ sunting ]
Beberapa daerah memiliki sinyal yang interruptible, mengutamakan lalu lintas khusus biasanya kendaraan darurat seperti aparatur kebakaran , ambulans, dan mobil polisi . [52] [53] Sebagian besar sistem beroperasi dengan pemancar kecil yang mengirimkan gelombang radio, sinyal inframerah, atau sinyal lampu sorot yang diterima oleh sensor pada atau di dekat lampu lalu lintas. Beberapa sistem menggunakan deteksi audio, di mana jenis sirene tertentu harus digunakan dan dideteksi oleh penerima pada struktur lampu lalu lintas.
Setelah aktivasi, siklus lampu lalu lintas normal ditangguhkan dan diganti oleh "urutan preemption": lampu lalu lintas ke semua pendekatan ke persimpangan beralih ke "merah" dengan pengecualian lampu untuk kendaraan yang telah memicu urutan preemption. Kadang-kadang, lampu sinyal tambahan ditempatkan di dekatnya untuk menunjukkan kepada kendaraan preempting bahwa urutan preempting telah diaktifkan dan untuk memperingatkan pengendara lain tentang pendekatan kendaraan darurat. Siklus lampu lalu lintas normal kembali setelah sensor dilewati oleh kendaraan yang memicu preemption.
Sebagai pengganti mekanisme pencegahan, di sebagian besar wilayah hukum, kendaraan darurat tidak diharuskan untuk menghormati lampu lalu lintas. Namun, kendaraan darurat harus melambat, melanjutkan dengan hati-hati, dan mengaktifkan lampu darurat untuk memberi tahu pengemudi yang sedang melaju ke preemption saat melintasi persimpangan dengan lampu. [54] [55]
Tidak seperti preemption, yang segera menghentikan operasi normal sinyal untuk melayani kendaraan preempting dan biasanya dicadangkan untuk penggunaan darurat, " prioritas " adalah serangkaian strategi yang dimaksudkan untuk mengurangi keterlambatan kendaraan tertentu, terutama kendaraan angkutan massal seperti bus. Berbagai strategi ada untuk memberikan prioritas pada transit tetapi semuanya umumnya bekerja dengan mendeteksi kendaraan transit yang mendekat dan melakukan sedikit penyesuaian pada waktu sinyal. Penyesuaian ini dirancang untuk mengurangi kemungkinan bahwa kendaraan transit akan tiba selama interval merah atau mengurangi panjang interval merah untuk kendaraan yang berhenti. Prioritas tidak menjamin bahwa kendaraan transit selalu mendapat lampu hijau saat mereka tiba seperti halnya preemption.
Mengubah sinyal dan aturan [ sunting ]
Dalam beberapa kasus, lalu lintas dapat berbelok ke kiri (di yurisdiksi mengemudi kiri) atau kanan (dalam yurisdiksi mengemudi kanan) setelah berhenti di lampu merah, asalkan mereka memberi jalan kepada pejalan kaki dan kendaraan lain. Di beberapa tempat yang umumnya tidak mengizinkan ini, tanda di sebelah lampu lalu lintas menunjukkan bahwa diizinkan di persimpangan tertentu. [56] Sebaliknya, yurisdiksi yang secara umum memungkinkan ini mungkin melarangnya di persimpangan tertentu dengan tanda "no turn on red", atau letakkan panah hijau untuk menunjukkan secara khusus ketika belokan diizinkan tanpa harus menghasilkanke pejalan kaki (ini biasanya ketika lalu lintas dari jalan tegak lurus berbelok ke jalan seseorang sehingga tidak ada pejalan kaki yang diizinkan di persimpangan). Beberapa yurisdiksi memperbolehkan menyala merah di arah yang berlawanan (kiri di negara penggerak kanan; kanan di negara penggerak kiri) dari jalan satu arah ke jalan satu arah lainnya; beberapa di antaranya bahkan memungkinkan belokan ini dari jalan dua arah ke jalan satu arah. [57] Yang juga berbeda adalah apakah panah merah melarang belokan; beberapa yurisdiksi memerlukan tanda "jangan nyalakan merah" dalam kasus ini. Sebuah penelitian di Negara Bagian Illinois (yurisdiksi mengemudi kanan) menyimpulkan bahwa mengizinkan pengemudi untuk melanjutkan langsung pada merah setelah berhenti, di persimpangan T-diposting khusus di mana jalan yang berpotongan kiri saja, berbahaya.[ rujukan? ] Dilanjutkan dengan warna merah di persimpangan-T di mana jalan yang berpotongan ke kiri hanya dulu legal di Cina Daratan , dengan lalu lintas kanan asalkan gerakan seperti itu tidak akan mengganggu lalu lintas lainnya, tetapi ketika UU Keselamatan Lalu Lintas Jalan Republik Rakyat Cina mulai berlaku pada 1 Mei 2004, gerakan semacam itu dilarang. [58] Di beberapa negara lain, izin ditandai dengan panah kuning yang berkedip-kedip (mobil tidak harus berhenti tetapi harus memberi jalan ke mobil dan pejalan kaki lain) di Eropa Barat, atau dengan panah hijau dengan ketinggian yang sama dengan penuh lampu merah (apakah mobil harus berhenti tergantung pada negara) di Eropa Tengah.
Perbedaan lain adalah antara persimpangan yang memiliki sinyal khusus untuk berbelok melintasi arus lalu lintas yang berlawanan dan yang tidak. Sinyal seperti itu disebut lampu belok kiri khusus di Amerika Serikat dan Kanada (karena lalu lintas yang berlawanan ada di sebelah kiri). Dengan sinyal belokan kiri khusus, panah menunjuk-kiri berubah menjadi hijau ketika lalu lintas dapat belok kiri tanpa menentang lalu lintas dan konflik pejalan kaki, dan berubah menjadi merah atau menghilang sebaliknya. Sinyal semacam itu disebut sebagai sinyal "terlindungi" jika ia memiliki fase merah sendiri; sinyal "permisif" tidak memiliki fitur seperti itu. Ada tiga versi standar dari sinyal permisif: [ rujukan? ]Satu versi adalah bilah horizontal dengan lima lampu - panah hijau dan kuning terletak di antara lampu hijau dan kuning standar. Bilah lima lampu vertikal menahan panah di bawah lampu hijau standar (dalam pengaturan ini, panah kuning kadang-kadang dihilangkan, hanya menyisakan panah hijau di bawah lampu hijau solid, atau mungkin LED).perangkat berbasis yang mampu menunjukkan panah hijau dan kuning dalam satu rumah lampu tunggal). Beberapa panah belok LED yang lebih baru terlihat di bagian Kanada mampu animasi warna-warni. Lampu seperti itu akan sering menampilkan panah hijau atau kuning yang berkedip dan animasi ketika belokan khusus diizinkan, tetapi kemudian berubah menjadi panah merah pada latar belakang putih dengan garis merah melewatinya, menekankan bahwa belokan tidak lagi diizinkan. Lampu-lampu ini juga sering menampilkan kata "no turn", atau alasan penjelasan mengapa turn tidak diperbolehkan, seperti "kereta api" dalam hal perlintasan rel atau kereta ringan. Tipe ketiga dikenal sebagai "rumah anjing" atau "kepala klaster" - kolom vertikal dengan dua lampu normal berada di sisi kanan sinyal, kolom vertikal dengan dua panah terletak di sebelah kiri, dan sinyal merah normal berada di tengah di atas dua kolom. Sinyal cluster di Australia dan AustraliaSelandia Baru menggunakan enam sinyal, yang keenam adalah panah merah yang dapat beroperasi secara terpisah dari lampu merah standar. Pada tipe keempat, terkadang terlihat di persimpangan di Ontario dan Quebec , Kanada, tidak ada lampu belok kiri khusus. Sebaliknya, lampu hijau normal berkedip cepat, menandakan izin untuk lurus dan belok kiri di depan lalu lintas yang berlawanan, yang ditahan oleh lampu merah stabil. ("Uang muka hijau", atau warna hijau berkedip ini agak mengejutkan dan membingungkan bagi pengemudi yang tidak mengenal sistem ini. Hal ini juga dapat menyebabkan kebingungan di antara pengunjung British Columbia, di mana sinyal hijau berkedip menunjukkan penyeberangan yang dikendalikan pejalan kaki.) [59]Praktek lain yang menarik terlihat setidaknya di Ontario adalah bahwa mobil yang ingin berbelok ke kiri yang tiba setelah sinyal belok kiri berakhir dapat melakukannya selama fase kuning, selama ada cukup waktu untuk berbelok dengan aman.
Panah kuning yang berkedip, yang memungkinkan pengemudi untuk berbelok ke kiri setelah memberi jalan ke lalu lintas yang mendekat, menjadi lebih luas di Amerika Serikat, terutama di Oregon, North Carolina, Virginia, Michigan (menggantikan merek dagang mereka "bola merah" yang berkedip kiri- hidupkan lampu), dan Las Vegas, Nevada. Dalam urutan normal, panah belok kiri hijau yang terlindungi pertama-tama akan berubah menjadi panah kuning solid untuk menunjukkan akhir fase yang dilindungi, kemudian menjadi panah kuning yang berkedip, yang tetap berkedip hingga lampu hijau standar berubah menjadi kuning dan merah. Ini umumnya berupa empat bagian sinyal (hijau, kuning, panah kuning, merah). Pada beberapa sinyal yang lebih baru, terutama di kota Bend, Oregon, panah kuning hijau dan berkedip berasal dari bagian lampu yang sama melalui penggunaan array LED dua warna, sedangkan panah kuning solid dipasang di atasnya. Di Las Vegas, panah berubah berkedip kuning dari lampu merah, sebelum berubah merah lagi.
Secara umum, sinyal belok kiri khusus menyala pada awal fase hijau dari siklus hijau-kuning-merah-hijau. Ini disebut giliran memimpin. Ini memungkinkan lalu lintas belok kiri, yang seringkali hanya terdiri dari beberapa mobil, untuk mengosongkan persimpangan dengan cepat sebelum memberikan prioritas kepada kendaraan yang melaju lurus. Ini meningkatkan throughput lalu lintas belok kiri sambil mengurangi jumlah pengemudi, mungkin frustrasi dengan menunggu lama dalam lalu lintas yang padat untuk membersihkan lalu lintas yang berlawanan, berusaha untuk membuat belokan kiri ilegal menyala merah. Sinyal belok kiri khusus yang muncul di akhir fase hijau disebut belok lagging. Jika tidak ada sinyal belok kiri, undang-undang mengharuskan seseorang untuk menghasilkan lalu lintas yang akan datang dan berbelok ketika persimpangan jelas dan aman untuk melakukannya. Di Amerika, banyak kota tua dan daerah pedesaan yang lebih tua tidak memiliki lampu belok kiri khusus, sementara sebagian besar daerah pinggiran kota memilikinya. Lampu seperti itu cenderung mengurangi efisiensi keseluruhan persimpangan karena menjadi padat, meskipun membuat persimpangan lebih aman dengan mengurangi risiko tabrakan langsung dan bahkan mungkin mempercepat melalui lalu lintas, tetapi jika sejumlah besar lalu lintas berbelok, sebuah jalur khusus sinyal belok membantu menghilangkan kemacetan.
Beberapa persimpangan dengan sinyal belok permisif kadang-kadang memiliki apa yang dikenal sebagai " perangkap kuning ", "perangkap-jebakan", atau "perangkap belok kiri" (di negara-negara mengemudi kanan). [ rujukan? ] Ini merujuk pada situasi ketika pengemudi belok kiri terjebak di persimpangan dengan lampu merah, sementara lalu lintas yang berlawanan masih berwarna hijau. Di British Columbia, undang-undang mengatasi masalah ini dengan memberikan pengemudi belok kiri yang berada di persimpangan di kanan untuk membuat belokan begitu persimpangan tidak jelas, terlepas dari kondisi lampu lalu lintas.
Misalnya, persimpangan telah mendedikasikan sinyal belok kiri untuk lalu lintas yang bepergian ke utara. Lalu lintas selatan mendapat lampu merah sehingga lalu lintas utara dapat berbelok ke kiri, tetapi lalu lintas langsung lurus terus mendapat lampu hijau. Seorang pengemudi menuju selatan yang telah memasuki persimpangan sebelumnya sekarang akan berada dalam kesulitan, karena mereka tidak tahu apakah lalu lintas terus lurus untuk kedua arah menjadi merah, atau hanya arah mereka. Pengemudi sekarang harus memeriksa lampu lalu lintas di belakang mereka, yang seringkali tidak mungkin dari sudut pandang kursi pengemudi. Ini juga dapat terjadi ketika kendaraan darurat atau kereta api mendahului operasi sinyal normal. [60]Di Amerika Serikat, rambu bertuliskan "Lalu lintas yang datang telah memanjang hijau" atau "Lalu lintas yang datang mungkin telah memanjang hijau" harus dipasang di persimpangan tempat kondisi "perangkap kuning" ada. [61] [62]
Meskipun sepeda motor dan skuter di sebagian besar wilayah hukum mengikuti aturan sinyal lalu lintas yang sama untuk belokan kiri seperti halnya mobil dan truk, beberapa tempat, seperti Taiwan, punya aturan berbeda. Di daerah-daerah ini, tidak diperbolehkan kendaraan kecil dan sering sulit untuk berbelok ke kiri di depan lalu lintas yang melaju di jalan volume tinggi tertentu ketika tidak ada sinyal belok kiri khusus. Sebagai gantinya, untuk berbelok ke kiri, pengendara bergerak ke sisi kanan jalan, melakukan perjalanan melalui bagian pertama persimpangan dengan warna hijau, kemudian melambat dan berhenti langsung di depan garis mobil di sebelah kanan pengemudi. untuk melakukan perjalanan melintasi persimpangan, yang tentu saja dipegang oleh lampu merah. Sering ada kotak putih dicat di jalan di lokasi ini untuk menunjukkan di mana pengendara harus berkelompok. [ rujukan? ]Pengendara membelokkan motor 90 derajat ke kiri dari arah perjalanan semula dan melanjutkan dengan garis mobil ketika lampu merah berubah hijau, menyelesaikan belokan kiri. Prosedur ini meningkatkan keselamatan karena pengendara tidak perlu melewati lalu lintas yang datang, yang sangat penting mengingat kemungkinan cedera yang jauh lebih besar ketika sebuah siklus ditabrak oleh mobil atau truk. Sistem ini (disebut " belok kait ") juga digunakan di banyak persimpangan di CBD Melbourne, Australia, di mana salah satu atau kedua jalan membawa trem. Hal ini dilakukan agar kendaraan yang membelok ke kanan (Australia mengemudi di sebelah kiri) tidak menghalangi jalan trem. Sistem sedang diperluas ke pinggiran kota.
Kontrol jalur [ edit ]
Lampu lajur kontrol adalah jenis lampu lalu lintas khusus yang digunakan untuk mengatur lalu lintas di jalan multi-arah, jalan raya, atau jalan tol. Biasanya, lampu ini memungkinkan atau melarang lalu lintas untuk menggunakan satu atau lebih jalur yang tersedia dengan menggunakan lampu hijau atau panah (untuk mengizinkan) atau dengan lampu merah atau persilangan (untuk melarang). Di AS, lampu lane-control sering digunakan untuk mengontrol dan / atau mengarahkan arus lalu lintas melalui alun-alun tol dan terowongan jalan raya, seperti selama arus lalu lintas yang sangat berat ketika lebih banyak jalur mungkin diperlukan dalam satu arah daripada di arah lainnya. , atau selama evakuasi badai, ketika jalur sinyal untuk sebagian besar atau semua jalur akan menunjukkan hijau untuk satu arah untuk membantu dalam arus lalu lintas yang lebih cepat dari lokasi evakuasi.
Di AS, terutama Tenggara, sering ada jalur "aliran terus menerus". Jalur ini dilindungi oleh panah tunggal berwarna hijau konstan yang mengarah ke jalur yang memungkinkan aliran lalu lintas terus menerus, tanpa memperhatikan kondisi sinyal untuk jalur lain atau persimpangan jalan. Lajur kontinu dibatasi karena kendaraan yang berbelok dari jalan samping tidak boleh melintasi garis putih ganda untuk memasuki lajur kontinu, dan tidak ada perubahan lajur diizinkan ke lajur kontinu dari lajur yang berdekatan atau dari lajur kontinu ke lajur yang berdekatan, sampai garis putih ganda dilewati. Beberapa jalur kontinu dilindungi oleh trotoar yang terletak di antara jalur kontinu dan jalur lalu lintas normal, dengan cat atau pita reflektif putih dan / atau kuning, yang melarang lalu lintas berbelok atau berbatasan memasuki jalur. Jalur lalu lintas kontinu hanya ditemukan di persimpangan "T" di mana tidak ada jalan samping atau jalan masuk di sisi kanan jalan utama; selain itu, tidak ada pejalan kaki yang diizinkan untuk melewati jalan raya utama di persimpangan dengan jalur aliran kontinu, meskipun persimpangan di sisi jalan mungkin diizinkan. Persimpangan dengan jalur aliran kontinu akan diposting dengan tanda peraturan putih sekitar 500 kaki (150 m) sebelum persimpangan dengan frasa, "lalu lintas kontinu jalur kanan," atau yang lainnya, mirip, kata-kata. Jika panah dipadamkan karena alasan apa pun, apakah karena kegagalan fungsi atau desain, lalu lintas melalui jalur kontinu akan kembali ke pola lalu lintas normal untuk jalur yang berdekatan, kecuali bahwa membelokkan atau pindah ke atau keluar dari jalur terbatas masih dilarang. persimpangan di mana tidak ada jalan samping atau jalan masuk di sisi kanan jalan utama; selain itu, tidak ada pejalan kaki yang diizinkan untuk melewati jalan raya utama di persimpangan dengan jalur aliran kontinu, meskipun persimpangan di sisi jalan mungkin diizinkan. Persimpangan dengan jalur aliran kontinu akan diposting dengan tanda peraturan putih sekitar 500 kaki (150 m) sebelum persimpangan dengan frasa, "lalu lintas kontinu jalur kanan," atau yang lainnya, mirip, kata-kata. Jika panah dipadamkan karena alasan apa pun, apakah karena kegagalan fungsi atau desain, lalu lintas melalui jalur kontinu akan kembali ke pola lalu lintas normal untuk jalur yang berdekatan, kecuali bahwa membelokkan atau pindah ke atau keluar dari jalur terbatas masih dilarang. persimpangan di mana tidak ada jalan samping atau jalan masuk di sisi kanan jalan utama; selain itu, tidak ada pejalan kaki yang diizinkan untuk melewati jalan raya utama di persimpangan dengan jalur aliran kontinu, meskipun persimpangan di sisi jalan mungkin diizinkan. Persimpangan dengan jalur aliran kontinu akan diposting dengan tanda peraturan putih sekitar 500 kaki (150 m) sebelum persimpangan dengan frasa, "lalu lintas kontinu jalur kanan," atau yang lainnya, mirip, kata-kata. Jika panah dipadamkan karena alasan apa pun, apakah karena kegagalan fungsi atau desain, lalu lintas melalui jalur kontinu akan kembali ke pola lalu lintas normal untuk jalur yang berdekatan, kecuali bahwa membelokkan atau pindah ke atau keluar dari jalur terbatas masih dilarang. tidak ada pejalan kaki yang diizinkan untuk menyeberangi jalan raya utama di persimpangan dengan jalur aliran kontinu, meskipun persimpangan di sisi jalan mungkin diizinkan. Persimpangan dengan jalur aliran kontinu akan diposting dengan tanda peraturan putih sekitar 500 kaki (150 m) sebelum persimpangan dengan frasa, "lalu lintas kontinu jalur kanan," atau yang lainnya, mirip, kata-kata. Jika panah dipadamkan karena alasan apa pun, apakah karena kegagalan fungsi atau desain, lalu lintas melalui jalur kontinu akan kembali ke pola lalu lintas normal untuk jalur yang berdekatan, kecuali bahwa membelokkan atau pindah ke atau keluar dari jalur terbatas masih dilarang. tidak ada pejalan kaki yang diizinkan untuk menyeberangi jalan raya utama di persimpangan dengan jalur aliran kontinu, meskipun persimpangan di sisi jalan mungkin diizinkan. Persimpangan dengan jalur aliran kontinu akan diposting dengan tanda peraturan putih sekitar 500 kaki (150 m) sebelum persimpangan dengan frasa, "lalu lintas kontinu jalur kanan," atau yang lainnya, mirip, kata-kata. Jika panah dipadamkan karena alasan apa pun, apakah karena kegagalan fungsi atau desain, lalu lintas melalui jalur kontinu akan kembali ke pola lalu lintas normal untuk jalur yang berdekatan, kecuali bahwa membelokkan atau pindah ke atau keluar dari jalur terbatas masih dilarang. Persimpangan dengan jalur aliran kontinu akan diposting dengan tanda peraturan putih sekitar 500 kaki (150 m) sebelum persimpangan dengan frasa, "lalu lintas kontinu jalur kanan," atau yang lainnya, mirip, kata-kata. Jika panah dipadamkan karena alasan apa pun, apakah karena kegagalan fungsi atau desain, lalu lintas melalui jalur kontinu akan kembali ke pola lalu lintas normal untuk jalur yang berdekatan, kecuali bahwa membelokkan atau pindah ke atau keluar dari jalur terbatas masih dilarang. Persimpangan dengan jalur aliran kontinu akan diposting dengan tanda peraturan putih sekitar 500 kaki (150 m) sebelum persimpangan dengan frasa, "lalu lintas kontinu jalur kanan," atau yang lainnya, mirip, kata-kata. Jika panah dipadamkan karena alasan apa pun, apakah karena kegagalan fungsi atau desain, lalu lintas melalui jalur kontinu akan kembali ke pola lalu lintas normal untuk jalur yang berdekatan, kecuali bahwa membelokkan atau pindah ke atau keluar dari jalur terbatas masih dilarang.
Tanda kecepatan [ edit ]
Tanda kecepatan adalah lampu lalu lintas khusus, tanda lalu lintas variabel atau tanda pesan variabel yang memberi pengemudi kecepatan yang disarankan untuk mendekati lampu lalu lintas berikutnya dalam fase hijau [63] dan menghindari berhenti karena mencapai persimpangan saat lampu merah. [64]
Ketentuan khusus [ sunting ]
Kegagalan lampu lalu lintas di sebagian besar yurisdiksi di Australia drive-on-the-left dan beberapa negara di Eropa drive-on-the-right harus ditangani oleh pengemudi sebagai persimpangan prioritas-ke-kanan , atau persimpangan semua cara berhenti di tempat lain, sambil menunggu kedatangan seorang polisi untuk mengarahkan lalu lintas. Di Armenia , Belarus , Belgia , Bosnia dan Herzegovina , Kroasia , Republik Ceko , Estonia , Prancis , Georgia , Jerman , Yunani , Islandia , Italia , Kazakhstan ,Kosovo , Latvia , Lithuania , Luksemburg , Moldova , Belanda , Polandia , Portugal , Rumania , Rusia , Serbia , Slovakia , Slovenia , Swedia , Swiss (dan Liechtenstein ), Turki , dan Ukraina [65] [66] [67] [68] [69] [70] [71] [72] [73] [74] [75] [76] [77][78] [79] [80] [81] [82] [83] [84] [85 ] [87] [87] [89] [90] [91] [92] [93] [94 ] ] [95] , lampu lalu lintas mungkin memilikirambu kanan tambahan yangdipasang di atas, di bawah atau di samping lampu lalu lintas; ini berlaku ketika lampu tidak lagi aktif atau berkedip kuning / oranye. Sebuah berkedip kuning / traffic light orange biasanya menunjukkan Anda memiliki yield atau tanda berhentisebagai tanda berlebihan, sementara lampu lalu lintas yang mati biasanya menunjukkan bahwa Anda memiliki arah yang benar. Di Inggris dan beberapa bagian Amerika Utara, pengemudi hanya memperlakukan persimpangan sebagai tidak terkendali ketika lampu lalu lintas gagal, memberi jalan yang sesuai, kecuali jika ada petugas polisi. Di sebagian besar Amerika Serikat, sinyal lalu lintas yang gagal harus diperlakukan sebagai persimpangan semua arah .
Di AS, lampu lalu lintas tidak aktif pada malam hari memancarkan sinyal berkedip berwarna kuning ke arah karena prioritas sementara jalan yang berpotongan memancarkan lampu merah yang berkedip, mengharuskan pengemudi untuk berhenti sebelum melanjutkan.
Lampu dummy [ sunting ]
Di era ketika persimpangan sering dikontrol oleh kepala sinyal lalu lintas tunggal, banyak sinyal dipasang pada tumpuan di pusat persimpangan. Sering disebut sebagai "lampu tiruan," instalasi ini sering menggantikan beacon atau "jamur" yang menunjukkan pusat persimpangan dan memisahkan lalu lintas yang berlawanan, dengan infrastruktur yang digunakan untuk suar dan jamur yang melayani sinyal jenis "berhenti dan pergi" yang baru. [ rujukan? ]
Ada beberapa lampu boneka operasional yang masih beroperasi. Tiga berlokasi di Negara Bagian New York : Beacon , Canajohariedan Croton-on-Hudson . [96]
Setelah lampu tiruan dirobohkan oleh sebuah truk pada tahun 2010, kota Coleman, Texas memutuskan untuk melestarikan dan memperbarui dua lampu tiruan yang dipasang sebagai alas sebagai bagian dari upaya pelestarian distrik bersejarahnya. [ rujukan? ]
Pada tahun 2011, Kantor Pelestarian Sejarah Negara Bagian Arkansas mencalonkan sinyal pemasangan alas terakhir yang tersisa di negara bagian, yang terletak di Smackover , untuk dicantumkan dalam Daftar Tempat Bersejarah Nasional . [ rujukan? ]
Suar gaya 'boneka' tertua yang bekerja di Rhode Island terletak di desa Bersejarah Albion di Lembah Sungai Blackstone (kota Lincoln, RI). Itu didirikan pada tahun 1932 di atas di mana desa tua berdiri dengan baik di alun-alun. Pada April 2015 itu dihancurkan oleh pengendara. Suar itu adalah situs sejarah lokal dan logo untuk Pasukan Pramuka setempat, Pasukan 711 Albion.
Peningkatan arus lalu lintas telah mendorong panggilan untuk jenis lampu lalu lintas ini dihapus karena masalah keamanan, tetapi nilai historisnya telah membuat landmark ini berada di lokasi aslinya. Untuk melayani aplikasi distrik bersejarah, Teeco Safety Systems of Shreveport, Louisiana , masih memproduksi sinyal lalu lintas 4 arah tetap pengganti untuk pemasangan kawat dudukan dan bentang overhead. [97]
Teknologi [ sunting ]
Optik dan pencahayaan [ edit ]
Secara tradisional, lampu pijar dan halogen digunakan. Karena efisiensi yang rendah dari keluaran cahaya dan satu titik kegagalan (pemutusan filamen) kota semakin memperkuat sinyal lalu lintas dengan susunan LED yang mengonsumsi lebih sedikit daya, meningkatkan keluaran cahaya, bertahan lebih lama secara signifikan, dan jika terjadi kegagalan LED individual , masih beroperasi meskipun dengan output cahaya yang berkurang. Dengan menggunakan optik, pola cahaya array LED dapat dibandingkan dengan pola bola lampu pijar atau halogen.
Konsumsi energi yang rendah dari lampu LED dapat menimbulkan risiko mengemudi di beberapa daerah selama musim dingin. Tidak seperti lampu pijar dan halogen, yang umumnya menjadi cukup panas untuk melelehkan salju yang mungkin menempel pada masing-masing lampu, tampilan LED - hanya menggunakan sebagian kecil energi - tetap terlalu dingin untuk hal ini terjadi. [98] [99] Sebagai tanggapan terhadap masalah keamanan, elemen pemanas pada lensa dikembangkan. [100] [101]
Sinyal visibilitas yang dapat diprogram [ edit ]
Sinyal seperti Sinyal Visibilitas Tinggi 3M dan sinyal Visibilitas yang Dapat Diprogram McCain menggunakan optik yang menyebarkan cahaya dan lensa Fresnel untuk membuat indikasi sinyal. Cahaya dari lampu sorot 150 W PAR46 dalam sinyal "visibilitas yang dapat diprogram" ini melewati serangkaian dua lensa kaca di bagian belakang sinyal. Lensa pertama, lensa difusi kaca buram, mendifusikan cahaya menjadi bola cahaya yang seragam berdiameter sekitar lima inci. Cahaya kemudian melewati lensa yang hampir identik yang dikenal sebagai pembatas optik (definisi 3M tentang lensa itu sendiri), juga dikenal sebagai "lensa pemrograman", juga berdiameter lima inci.
Menggunakan pita perekat berbasis aluminium foil khusus, sinyal-sinyal ini "ditutup" atau diprogram oleh lensa pemrograman sehingga hanya jalur lalu lintas tertentu yang akan melihat indikasi. Di depan sinyal visibilitas yang dapat diprogram ini adalah lensa Fresnel 12 ", setiap lensa diwarnai untuk memenuhi standar kromatisitas dan pencahayaan Institut Teknologi TransportasiAmerika Serikat . Lensa Fresnel mengkolimasi output cahaya yang dibuat oleh lampu, dan menciptakan seragam tampilan cahaya untuk jalur di mana ia dimaksudkan. Sinyal-sinyal ini pertama kali dikembangkan oleh Perusahaan 3M pada akhir 1960-an, [ rujukan? ] dan populer pada akhir 1970-an karena kepadatan lalu lintas meningkat.
Selain diposisikan dan dipasang untuk visibilitas yang diinginkan untuk lalu lintas masing-masing, beberapa lampu lalu lintas juga diarahkan, louvered, atau dinaungi untuk meminimalkan kesalahan penafsiran dari jalur lain. Misalnya, lensa Fresnel pada sinyal melalui jalur yang berdekatan mungkin bertujuan untuk mencegah lalu lintas belok kiri dari mengantisipasi panah hijaunya sendiri.
Saat ini, McCain Traffic Systems adalah satu-satunya pabrikan yang berbasis di AS yang memproduksi sinyal lalu lintas yang dapat diprogram secara optik mirip dengan model 3M. Intelight Inc. memproduksi sinyal lalu lintas yang dapat diprogram yang menggunakan array LED yang dikendalikan perangkat lunak dan elektronik untuk mengarahkan cahaya ke arah pendekatan yang diinginkan. [102] Sinyal diprogram tidak seperti model 3M dan McCain. Itu memerlukan koneksi ke laptop atau smartphone dengan perangkat lunak pabrikan yang diinstal. Koneksi dapat dilakukan secara langsung dengan kit antarmuka serial langsung, atau secara nirkabel dengan kit radio melalui WIFI ke sinyal.
Selain bertujuan, lensa Fresnel, dan kisi-kisi, visor dan panel belakang juga berguna di area di mana sinar matahari akan mengurangi kontras dan visibilitas wajah sinyal.
Aplikasi khas untuk sinyal-sinyal ini adalah persimpangan miring, kontrol multi-jalur khusus, sinyal saku belok kiri atau area lain di mana terdapat situasi lalu lintas yang kompleks.
Sistem pencahayaan konvensional [ sunting ]
Penerangan sinyal lalu lintas konvensional, masih umum di beberapa daerah, menggunakan bola lampu standar. Biasanya, bola lampu 67, 69, atau 115 watt basa menengah (rumah tangga di AS) memberikan penerangan. [ rujukan? ] Cahaya kemudian memantul dari kaca cermin atau mangkuk reflektor aluminium yang dipoles, dan keluar melalui plastik polikarbonat atau lensa sinyal kaca. Dalam beberapa sinyal, lensa ini dipotong untuk memasukkan pola pembiasan tertentu. Crouse-Hinds adalah salah satu perusahaan terkemuka untuk praktik ini. Pada tahun 1930-an sepanjang tahun 1950-an, mereka menggunakan lensa prismatik bermanik-manik dengan pola "smiley" timbul di bagian bawah setiap lensa. [ rujukan? ]
Desain ringan [ edit ]
Di Amerika Serikat, lampu lalu lintas saat ini dirancang dengan lampu berdiameter sekitar 12 inci (300 mm). Sebelumnya standarnya adalah 8 inci (200 mm); Namun, mereka perlahan dihapus demi lampu 12 inci yang lebih besar dan lebih terlihat. Variasi yang digunakan juga termasuk desain hibrida, yang memiliki satu atau lebih lampu 12 inci bersama dengan satu atau lebih lampu 8 inci (200 mm) pada cahaya yang sama. Misalnya, lampu "12-8-8" (bersama dengan 8-8-8) ini merupakan standar di sebagian besar wilayah hukum di Ontario, Manitoba, dan British Columbia (yaitu, lampu merah 12 dan yang lainnya 8, menjadikan merah lebih menonjol). [ rujukan? ]
Di Inggris Raya, lampu 12 inci hanya diimplementasikan dengan kepala Mellor Design Signal yang dirancang oleh David Mellor . Ini dirancang untuk optik simbolik untuk mengkompensasi hilangnya cahaya yang disebabkan oleh simbol. Namun, setelah penelitian yang disponsori oleh UK Highways Agency dan diselesaikan oleh Aston University, Birmingham, UK, desain optik yang ditingkatkan diperkenalkan pada pertengahan 1990-an. Kritik terhadap pencucian sinar matahari (tidak dapat melihat sinyal yang menyala karena cahaya matahari jatuh di atasnya), dan sun-phantom(sinyal tampak menyala bahkan ketika bukan karena sinar matahari memantul dari cermin parabola pada sudut matahari rendah), mengarah pada desain sinyal yang menggunakan lenslets untuk memfokuskan cahaya dari bola lampu pijar tradisional melalui lubang di topeng depan hitam matt. Ini menyembuhkan kedua masalah dalam solusi yang mudah dibuat. Desain ini terbukti sangat sukses dan mulai diproduksi oleh sejumlah produsen sinyal lalu lintas melalui desain rekayasa Dr Mark Aston, yang pertama bekerja di SIRA Ltd di Kent, dan terakhir sebagai perancang optik independen. Pabrikan mengambil lisensi untuk desain generik dari Highways Agency, dengan Dr Aston merekayasa solusi unik untuk masing-masing pabrikan. Memproduksi versi bohlam dan LED dari aspek sinyal, sinyal-sinyal ini masih merupakan jenis lampu lalu lintas yang paling umum di jalan-jalan Inggris. Dengan penemuan anti-phantom, lensa Aston yang sangat terlihat, lampu 8 inci (200 mm) dapat dirancang untuk memberikan hasil yang sama seperti lensa biasa, sehingga area permukaan yang lebih besar tidak diperlukan. Akibatnya, lampu 12 inci (300 mm) tidak lagi disetujui untuk digunakan di Inggris dan semua lampu yang dipasang pada instalasi baru harus 200 mm (8 in) sesuai dengan TSRGD (Peraturan Rambu Lalu Lintas dan Petunjuk Arah Umum). Pengecualian dibuat untuk sinyal sementara atau pengganti. lampu 12 inci (300 mm) tidak lagi disetujui untuk digunakan di Inggris dan semua lampu yang dipasang pada instalasi baru harus 200 mm (8 in) sesuai dengan TSRGD (Peraturan Rambu Lalu Lintas dan Petunjuk Arah Umum). Pengecualian dibuat untuk sinyal sementara atau pengganti. lampu 12 inci (300 mm) tidak lagi disetujui untuk digunakan di Inggris dan semua lampu yang dipasang pada instalasi baru harus 200 mm (8 in) sesuai dengan TSRGD (Peraturan Rambu Lalu Lintas dan Petunjuk Arah Umum). Pengecualian dibuat untuk sinyal sementara atau pengganti.[ rujukan? ]
Kemajuan teknologi [ sunting ]
Dengan teknologi di negara maju yang terus maju, kini ada langkah yang meningkat [ oleh siapa? ] untuk mengembangkan dan menerapkan lampu lalu lintas pintar di jalan. [ dimana? ] Ini adalah sistem yang beradaptasi dengan informasi yang diterima dari komputer pusat tentang posisi, kecepatan, dan arah kendaraan. Mereka mencoba berkomunikasi dengan mobil untuk memperingatkan pengemudi akan adanya perubahan lampu dan mengurangi waktu tunggu pengendara. [ klarifikasi diperlukan ] Percobaan saat ini sedang dilakukan untuk penerapan lampu lalu lintas canggih ini, tetapi masih ada banyak hambatan untuk penggunaan luas yang perlu ditangani; salah satunya adalah kenyataan bahwa beberapa mobil belum memiliki sistem yang diperlukan untuk berkomunikasi dengan lampu ini.
Kontrol dan koordinasi [ sunting ]
Fungsi normal lampu lalu lintas membutuhkan kontrol dan koordinasi yang canggih untuk memastikan bahwa lalu lintas bergerak dengan lancar dan seaman mungkin dan bahwa pejalan kaki dilindungi ketika mereka menyeberang jalan.
Pemasangan [ edit ]
Bagian ini membutuhkan kutipan tambahan untuk verifikasi . ( Februari 2019 ) ( Pelajari bagaimana dan kapan menghapus pesan template ini )
|
Ada perbedaan yang signifikan dari tempat ke tempat dalam cara lampu lalu lintas dipasang atau diposisikan sehingga terlihat oleh pengemudi. Tergantung pada lokasi, lampu lalu lintas dapat dipasang pada tiang yang terletak di sudut jalan, digantung pada tiang horizontal atau kabel yang digantung di jalan, atau dipasang di gantries horisontal besar yang memanjang keluar dari sudut dan ke arah kanan. Dalam kasus terakhir, tiang atau ganteri seperti itu sering memiliki tanda menyala dengan nama persimpangan jalan.
Di beberapa lokasi, lampu dipasang dengan beberapa wajah mereka diatur secara horizontal, seringkali dengan sinyal vertikal tambahan di samping, sementara lokasi lain menggunakan sinyal vertikal hampir secara eksklusif. Sinyal horisontal memiliki orientasi yang konsisten, seperti rekan-rekan vertikal mereka. [103] Seringkali, dudukan tumpuan trotoar tambahan, yang dimaksudkan untuk mendukung sinyal untuk jalan pendekatan yang berbeda, digunakan ketika sinyal primer sebagian dikaburkan karena struktur seperti jalan layang, pendekatan di sekitar bangunan yang mengaburkan dudukan sinyal primer, dan pendekatan yang tidak biasa geometri. Di Florida, sinyal horisontal dipasang di kutub, yang dikenal sebagai "lengan tiang", digunakan secara luas karena profil angin yang lebih rendah, penting untuk meminimalkan badai.kerusakan. Di daerah di mana beban angin tidak terlalu mengkhawatirkan seperti beban es, seperti Illinois atau Minnesota , lampu dipasang secara vertikal untuk mengurangi akumulasi es atau salju di atas permukaan kepala sinyal. Di beberapa negara seperti Jepang , Korea Selatan , Meksiko dan beberapa yurisdiksi di Kanada dan AS seperti Texas , New Mexico , Florida , Wisconsin , Nebraska , Quebec , Pulau Pangeran Edward dan Alberta , sebagian besar sinyal lalu lintas dipasang secara horizontal.
Sinyal lalu lintas di sebagian besar wilayah Eropa terletak di garis berhenti di sisi yang sama dengan persimpangan ketika lalu lintas yang mendekat (ada lalu lintas kanan dan kiri ) dan sering dipasang di atas kepala serta di sisi jalan. Di persimpangan yang sangat sibuk untuk pengangkutan, lampu yang lebih tinggi dapat dipasang khusus untuk truk . Penjajaran jalur berhenti dilakukan untuk mencegah kendaraan memblokir persimpangan jalan dan memungkinkan arus lalu lintas pejalan kaki yang lebih baik. Mungkin juga ada area khusus beberapa meter sebelum garis berhenti di mana pengendara sepeda dapat secara legal menunggu tetapi tidak kendaraan bermotor; garis berhenti canggih inisering dicat dengan permukaan jalan yang berbeda dengan gesekan yang lebih besar dan warna yang tinggi, baik untuk kepentingan pengendara sepeda dan untuk kendaraan lain. Lampu lalu lintas dipasang sehingga pengendara sepeda masih bisa melihatnya.
Di Spanyol, lampu lalu lintas yang dipasang di sisi jauh dari persimpangan dimaksudkan untuk lalu lintas yang keluar dari persimpangan ke arah tertentu. Ini sering dilakukan karena penyeberangan pejalan kaki, sehingga lalu lintas harus menunggu jika mereka mendapat lampu merah. Persimpangan ini juga dilengkapi dengan garis berhenti di area keluar persimpangan.
Di Amerika Utara, sering ada sinyal yang dipasang tiang di sisi yang sama dari persimpangan, tetapi sinyal yang dipasang di tiang dan overhead biasanya dipasang di sisi yang jauh dari persimpangan untuk visibilitas yang lebih baik. Sebagian besar lampu lalu lintas dipasang seperti itu di Amerika Serikat Barat dan Kanada. Di Ontario, lampu lalu lintas hampir selalu dipasang di sisi yang jauh dari persimpangan dengan kutub.
Di beberapa wilayah Amerika Serikat, sinyal yang menghadap hingga empat arah digantung langsung di atas persimpangan pada kawat yang digantung secara diagonal di persimpangan (dulu biasa di Michigan ), atau sinyal menghadapi lalu lintas dalam satu arah, masih digantung dengan kabel ( tetapi kawat dirangkai secara horizontal di antara dua sudut persimpangan yang bersebelahan). Ini biasa terjadi di Amerika Serikat bagian Selatan dan Timur.
Di negara-negara lain seperti Australia , Selandia Baru , Lebanon dan Inggris , lampu lalu lintas dipasang di halte sebelum persimpangan dan juga setelah persimpangan. Beberapa persimpangan yang sibuk memiliki lampu lalu lintas overhead untuk kendaraan berat dan kendaraan yang lebih jauh.
Implementasi [ sunting ]
Menurut insinyur transportasi, lampu lalu lintas dapat memiliki efek positif dan negatif pada keselamatan lalu lintas dan arus lalu lintas. Pemisahan arus lalu lintas yang bertentangan dalam waktu dapat mengurangi kemungkinan tabrakan sudut kanan. Tetapi juga frekuensi tabrakan bagian belakang dapat ditingkatkan dengan pemasangan lampu lalu lintas, dan dapat berdampak buruk terhadap keselamatan lalu lintas sepeda dan pejalan kaki. Mereka dapat meningkatkan kapasitas lalu lintas di persimpangan, tetapi juga dapat mengakibatkan keterlambatan lalu lintas yang berlebihan. [104] Hans Monderman , insinyur lalu lintas Belanda yang inovatif, dan perintis ruang bersamaskema, skeptis tentang peran mereka, dan dikutip telah mengatakan tentang mereka: "Kami hanya ingin lampu lalu lintas di mana mereka berguna dan saya belum menemukan tempat di mana mereka berguna." [105]
Keamanan kendaraan kecil [ sunting ]
Dalam beberapa kasus, detektor lalu lintas lampu latar tidak akan mengubah lampu untuk kendaraan kecil seperti sepeda motor, skuter, dan terutama sepeda, karena sensor loop induksi gagal mendeteksi kendaraan kecil. Kendaraan dengan massa logam yang cukup seperti baja berinteraksi dengan medan magnet sensor yang menyebabkan cahaya berubah pada waktu yang tepat. [106] Sepeda motor dan skuter memiliki massa yang jauh lebih sedikit daripada mobil, yang mengakibatkan kegagalan mendeteksi kendaraan, sementara sepeda bahkan mungkin tidak dibuat dengan logam. Situasi ini paling sering terjadi pada saat-saat ketika lalu lintas lainnya jarang serta ketika kendaraan kecil datang dari arah yang tidak memiliki volume lalu lintas yang tinggi. [107] Sebagian besar lampu lalu lintas sensor mampu mendeteksi kendaraan ini, tetapi pada awalnya tidak disesuaikan atau dikalibrasi dengan benar, setelah konstruksi jalan seperti pelapisan ulang, atau disetel terlalu tinggi dalam upaya untuk menghindari pemicu palsu.
Lampu lalu lintas yang tidak beroperasi, rusak, atau tidak bersepeda [ edit ]
Lampu yang gagal berputar mungkin tidak memenuhi definisi hukum, sering kali disebut perangkat apa pun "di mana lalu lintas diarahkan secara bergantian untuk berhenti dan diizinkan untuk melanjutkan", [108] [109] [110] diperlukan untuk kutipan yang ditegakkan, dan dianggap "cacat" atau "tidak beroperasi." [111] Ini dapat terjadi ketika sinyal diprogram untuk tetap hijau untuk jalan utama, tetapi gagal mendeteksi dan bersepeda untuk kendaraan yang menyeberang melalui jalan kecil atau menggunakan jalur belokan khusus. Beberapa yurisdiksi menentukan operator untuk "menghentikan kendaraan sepenuhnya sebelum memasuki persimpangan dan dapat melanjutkan dengan hati-hati hanya jika aman untuk melakukannya," [112] sementara yang lain mungkin menafsirkan tindakan apa pun untuk memaksa kendaraan agar berputar sebagai gangguan.
Komentar
Posting Komentar